Sunday, November 4, 2012

Keuntungan dan Kerugian Globalisasi bagi Bangsa Indonesia

Globalisasi adalah sebuah era baru ketika semua negara di dunia ini tidak lagi mengenal batasan ruang dan waktu. Semua negara tergabung dalam suatu kesatuan dan setiap orang di dunia ini bisa berinteraksi dengan mudah tanpa. Globalisasi bisa menjadi keuntungan dan kerugian tersendiri bagi suatu negara. Suatu negara bisa maju pesat karena mampu memanfaatkan era globalisasi ini untuk memperkuat kedudukannya di mata dunia. Sebaliknya, negara juga bisa hancur karena tidak mampu menghadapi tantangan baru di era globalisasi ini. Indonesia juga menjadi bagian dari era globalisasi ini. Mau tidak mau, Indonesia harus turut berpartisipasi dalam persaingan global. Jika kita tidak siap menerima tantangan ini, sudah pasti kita tidak akan pernah bisa menjadi bangsa yang maju.

Pengertian Globalisasi

Globalisasi mempunyai banyak arti. Kita bisa mengartikan globalisasi sebagai sebuah terobosan baru dalam kehidupan umat manusia yang mampu mengubah hampir semua kehidupan manusia. Semua manusia yang tinggal di bumi ini bisa merasakan perubahan tersebut dan juga turut berpatisipasi dalam perubahan. Globalisasi hanya bisa dipicu oleh berkembangnya teknologi dan peradaban umat manusia. Dengan adanya teknologi modern, manusia bisa berkomunikasi dengan mudah tanpa perlu menghabiskan banyak tenaga. Mereka bisa berinteraksi dengan orang lain tanpa memperdulikan batas ruang dan waktu. Globalisasi tidak mungkin ada tanpa teknologi informasi yang mempercepat arus komunikasi antar negara di dunia ini. Kita semua pasti sudah mengenal internet dan berbagai atau perangkat elektrik. Penemuan-penemuan tersebut telang mengubah dunia ini sedemikian pesatnya sehingga manusia bisa berinteraksi dengan mudah. Penemuan teknologi tersebut tidak hanya memicu lahirnya globalisasi, melainkan juga melahirkan tantangan dan peluang baru bagi setiap negara di bumi ini.

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, definisi globalisasi adalah proses kegiatan ekonomi yang melibatkan semua negara di dunia. Mereka semua tergabung dalam satu kekuatan besar yang terintegrasi secara total. Tuntutan di era modern ini bisa meniadakan batas ruang dan waktu karena semua kekuatan eknomi harus terintegrasi. Dengan kata lain, suatu negara bisa saja mengintervensi kegiatan ekonomi negara lain dengan bebas. Tidak ada hambatan yang berarti bagi arus barang produksi atau jasa. Selain itu, investor di seluruh penjuru dunia bisa menginvestasikan modal yang mereka miliki di negara manapun yang mereka suka selama negara tersebut masih mempunyai potensi menjanjikan.

Respon bangsa Indonesia sendiri terhadap globalisasi itu adalah sebagai peluang dan tantangan. Peluang berarti setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk memanfaatkan situasi ini dalam menghidupi kehidupannya dengan baik, sedangkan tantangan berarti setiap orang diberi kesempatan untuk berkompetisi dan menunjukkan kemampuannya. Sebagai contoh keduanya adalah :
  • Pasar Bebas
  • Perkembangan IPTEK
  • Wawasan budaya semakin luas
  • Terbukanya lapangan kerja

Secara garis besar, ada manfaat yang berguna bagi bangsa Indonesia akibat dari globalisasi ini terjadi di bidang, diantaranya :

  • Sosial Budaya
    Dari sudut kebudayaan, globalisasi dapat memperluas wawasan budaya, meningkatkan kemampuan bahasa asing, meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap mental kearah yang lebih baik, meningkatkan produktivitas kerja, dan memberikan arah dalam perilaku.
  • Teknologi dan Transportasi
    Dalam bidang teknologi, globalisasi telah banyak membawa perubahan yang begitu besar bagi kehidupan bangsa Indonesia. Kemajuan zaman menyebabkan terjadinya perkembangan terhadap teknologi informasi. Dengan adanya perkembangan, masyarakat memperoleh manfaat yang sangat banyak. Contoh, dengan adanya Internet kita bisa mengetahui tentang apa saja yang belum kita letahui.
    Selain itu perkembangan dan perubahan juga terjadi di bidang teknologi transportasi. Contoh, dengan adanya tranportasi melalui udara kita bisa mancapai suatu tujuan dengan cepat.
  • Ekonomi
    Globalisasi juga membawa dampak terhadap kehidan bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi seperti, Globalisasi mampu meningkatkan kemampuan berkompetisi dan meningkatkan kualitas produksi dalam negeri untuk meningkatkan pendapatan perkapita mayarakat.
  • Politik
    Di Indonesia, politik juga mengalami perkembangan akibat dari globalisasi. Seperti, Indonesia mampu menegakkan nilai-nilai demokrasi, mempererat hubungan dan meningktkan keaktifan dalam hubungan inernasional demi menuju perdamaian dunia.
  • Hukum
    Dalam bidang hukum, Indonesia turut serta dalam organisasi Internasional dan turut meratifikasi perjanjian hukum internasional dalam berbagai masalah.
  • Lingkungan Hidup
    Dalam rangka keikut sertaannya Indonesia dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Indonesia juga turut menentang pemakaian senjata nuklir baik untuk perang maupun penelitian yang dapat merusak lingkungan hidup.


1 comment: